Minggu, 28 Mei 2017

Patung Jenderal Ahmad Yani Di Taman Kota Baturaja OKU

Seperti yang sering kita baca di buku – buku sejarah Indonesia, Jenderal TNI Anumarta Ahmad Yani dahulunya adalah Komandan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat.


Patung Jenderal Ahmad Yani dari Dekat


Sehingga tidak heran kalau diwilayah Indonesia banyak jalan yang bernama Jalan Jenderal Ahmad Yani dan Banyak Patung – patung yang dibuat mirip dengan Sosok Sang Jenderal.

Begitupun juga dengan kota Baturaja OKU, tidak ketinggalan untuk mengabadikan sosok Sang Jenderal ini melalui sebuah Patung yang berada di Taman Kota.

Nah supaya kita selalu mengingat akan jasa – jasanya, maka nama Jenderal Ahmad Yani diabadikan pada nama salah satu jalan yang ada di dekat Taman Kota dan melalui Pembuatan Patung yang Nampak di gambar diatas tersebut.

Karena Jalan Jendral Ahmad Yani dekat dengan sebuah lapangan yang luas, maka Nama Jenderal ini juga melekat pada Nama Lapangan tersebut, yang sering di sebut Lapangan Ahmad Yani.

Namun seiring waktu lapangan tersebut dipercantik dengan kehadiran taman – taman.Sehingga Lapangan Ahmad Yani ini lebih dikenal oleh Masyarakat sebagai Taman Kota Baturaja.

Jadi kehadiran patung Jendral Ahmad Yani ini akan lebih mengingatkan kita pada penamaan Lapangan tersebut sekaligus akan Jasa – Jasa dan perjuangannya.

Patung yang cukup tinggi ini berukuran sekitar 5 – 6 meter dan menghadap kearah Lapangan yang berumput hijau.


Patung Jenderal Ahmad Yani dari Jarak Beberapa Meter


Yang mana lapangan ini memang sering dipergunakan untuk kegiatan upacara bendera Merah Putih.

Patung Jenderal Ahmad Yani ini membelakangi Rumah Sakit Ibnu Sutowo Baturaja, dan lebih enak dipandang dari arah lapangan atau dari arah depan.

Patung yang berdiri diatas perlataran dan tonggak semen itu memang kelihatan megah dan gagah sekali dilihat apalagi dengan pewarnaan kostumnya yang dipoles dengan warna hijau tua, khas Pakaian Militer.

Posisi patung yang ditempatkan di antara tribun ( tempat duduk ) memang terbilang pas, apalagi dibuat lebih tinggi dibanding dengan ukuran tinggi bangunan tribun tersebut.

Pelataran yang ada dibawah patung jenderal Ahmad Yani juga cukup luas sehingga sering dipergunakan oleh orang – orang untuk duduk – duduk santai saat sore hari.

Bahkan pada waktu – waktu tertentu sering dipergunakan untuk acara senam pagi.


Patung Jenderal Ahmad Yani Dari Kejauhan


Walau dilihat dari kejauhan, yaitu dari pojok taman kota tetap saja patung sang Jenderal Ahmad Yani ini enak dipandang dan berkombinasi menarik dengan lingkungan sekitarnya.

Tidak susah kok menemukan patung yang mewakili sosok Jenderal Ahmad Yani ini, kita tinggal berdiri tepat disamping tiang bendera dan menghadap ke Arah Rumah Sakit Ibnu Sutowo, maka kita akan melihat patung tersebut dengan leluasa.

Tidak ada patung – patung lainnya yang ada di Taman Kota ini, jadi memang menjadi pusat perhatian bagi orang yang menyukai Seni Rupa.

Demikianlah artikel singkat ini dibuat semoga bermanfaat jika ada kesalahan pada ide dan penulisan saya mohon maaf.

Comments


EmoticonEmoticon